8 Indikator Utama Untuk Optimasi SEO

8 Indikator Utama Untuk Optimasi SEO

Untuk Anda yang menggeluti bidang digital marketing, SEO masih menjadi yang relevan sebagai teknik untuk meningkatkan trafik web agar muncul dihalaman pertama dari mesin pencari. Ada 8 indikator utama yang digunakan untuk acuan mengoptimasi SEO yang akan kita bahas sebagai berikut :

1. Struktur URL  

Sebaiknya gunakan strutur URL yang sederhana karena struktur URL yang baik akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali wesite Anda dan topic utama yang Anda bahas. Contoh URL yang baik adalah seagai berikut :

https://websiteanda.com/judul-artikel

2. Kemanan Domain

Keamanan merupakan hal penting dalam dunia digital. Di era digital ini pengguna harus berhati-hati dalam memberikan informasi yang bersifat pribadi di dalam website untuk menghidari penyalahgunaan data informasi pribadi.

Keamanan domain yang bagus bisa dilihat dari kepemilikan SSL (HTTPS) di domainnya. Sejak 2017 Google Chrome mulai menerapkan kebijakan bahwa website yang menggunakan protocol HTTP dianggap sebagai website yang tidak aman sehingga berpengaruh terhadap ranking di mesin pencarian.

3. Topik Konten

Buatlah struktur konten yang menarik dan berkelanjutan, semakin banyak konten yang membahas satu topik tertentu maka besar kemungkinan untuk dihalaman pertama hasil pencarian topik.

Misalnya Anda membua blog dengan topik tutorial dan salah satu topik utamanya adalah membangun website dengan wordpress. Jika blog Anda memiliki setidaknya 20 konten yang membahas hal tersebut, kemunginan untuk berada di posisi teratas hasil mesin pencarian semakin besar.

4. Search Intent

Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang difikirkan oleh kebanyakan pencari terhadap suatu kata kunci tertentu. Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih.

Pastikan untuk menyeseuaikan search intent pengguna terlebih dahulu sebelum menulis sebuah konten. Besar kecilnya untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencarian adalah kesesusaian konten dengan search intent.

5. Struktur Konten

Buatlah konten yang terstruktur dan mudah dimengerti oleh pengguna. Mudahkan pengguna untuk mencari jawaban di konten Anda. Caranya adalah gunakan heading dan subheading untuk point terpenting dalam sebuah konten.

Gunakan foto, video, infografik dan gambar ilustrasi untuk membantu pengguna memahami konten Anda. Dengan begitu pengguna akan semakin betah berlama-lama di blog Anda dan semakin besar kemungkinan blog Anda untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil mesin pencarian.

6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Meta tags membantu google untuk memahami keseluruhan konten disebuah halaman website. Pertama adalah title tag, title tag sendiri diartikan sebagai judul artikel, maka dari itu judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena tidak sesuai dengan stAndart google dan otomatis sistem google akan memotong judul yan terlalu panjang.

Kedua. Meta description adalh teks yang menjelaskan tentang konten Anda di hasi pencarian letaknya tepat dibawah judul URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

7. Backlink

Salah satu fakto penting untuk SEO adalah backlink. Backlink adalah link yang dipasang pada website lain yang mengarah ke halaman website Anda.

Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap website mempunyai kredibilitas tinggi. Namun, backlink juga harus berasal dari website yang berkualitas bukan abal-abal.

8. Kecepatan Website

Faktor penentu SEO terakhir adalah kecepatan website, kecepatan website baik diperingkat desktop maupun mobile akan dinilai google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.

Itulah penjabaran tentang indikator utama untuk optimasi SEO, delapan faktor utama tersebut bisa berubah kapan saja mengikuti update algoritma dari Google. Jadi Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang dirilis goolge dengan algoritma yang baru untuk menyesuaika komponen-komponen SEO Anda.

Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.