Cara Meningkatkan Kecepatan Web Anda yang Lemot

Cara Meningkatkan Kecepatan Web Anda yang Lemot

Bagi Anda yang sering jenuh menghadapi loading lama dari suatu website, maka jangan risau lagi karena sekarang ini telah ada banyak cara meningkatkan kecepatan web. Tentunya, hal tersebut bisa dilakukan secara mandiri dan langkah-langkahnya pun sangat mudah.

Macam-macam Cara Meningkatkan Kecepatan Web

Untuk mengatasi keadaan website yang loadingnya lama, maka Anda bisa melakukan beberapa aktivitas dengan cara cukup mudah. Hal tersebut telah terbukti ampuh karena dinilai mampu menaikkan kinerja web selama bertahun-tahun. Berikut ulasannya:

1. Mengurangi Jumlah Gambar yang Ada di Dalam Website

Mungkin website yang dipenuhi dengan banyak gambar dan juga desain animasi grafis akan terlihat menarik dan disukai para penggunanya. Namun, hal tersebut tidak selamanya mendatangkan sebuah kebaikan.

Keberadaan gambar yang terlalu banyak ternyata juga dapat memberatkan kinerja website secara pribadi. Hal ini tentunya mengakibatkan efek buruk hingga mengalami keterlambatan loading dan pada akhirnya menyebabkan kecepatannya menurun secara drastis.

Terkait dengan hal tersebut, maka mulai sekarang cobalah untuk mengurangi gambar-gambar yang tidak terlalu penting di dalam website Anda. Hapuslah picture berukuran file besar, karena itu sangat berbahaya dan menyebabkan situs terkait menjadi lemot.

2. Melakukan Kompresi Gambar

Sama dengan akibat dari kebanyakan gambar yang ada di dalam website, maka memasukkan picture dengan ukuran file terlalu besar pun juga mengakibatkan daya tampung folder data di sana penuh, sehingga berimbas pada kualitas kecepatan loadingnya secara bertahap.

Tentunya hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus melakukan salah satu langkah yang bisa secara ampuh mengatasi masalah tersebut. Salah satu solusi dari kejadian ini pastinya dengan melakukan kompresi gambar berukuran besar terlebih dahulu sebelum diupload dalam web.

Jadi mulai dari sekarang, Anda juga tidak perlu mengejar kualitas gambar terbaik jika pada ujungnya diompresi karena akan memenuhi database website. Jadi perhatikanlah juga perangkat untuk memfoto. Usahakan ukuran yang akan diunggah tidak melebihi 100 KB.

3. Mengurangi Jumlah Plugin

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan agar kecepatan website Anda semakin meningkat yakni melakukan penghapusan terhadap plugin tidak berguna. Walaupun terkesan sepele, namun ternyata hal ini memberikan dampak nyata dan besar bagi kelangsungan web.

Anda juga jangan suka untuk menginstall plugin sesuka hati, terlebih jika gratis dan belum tahu kualitasnya. Bisa jadi, sesuatu itu hanya menjadi spam atau sampah saja di dalam folder data website sehingga akan menyebabkan berbagai masalah serius, salah satunya loading lama.

Jika ingin menginstall plugin baru, maka pilihlah yang di dalamnya tidak mengandung banyak script. Anda juga harus mengeceknya setiap hari agar mengetahui seberapa banyak file tidak berguna tersebut yang harus dilakukan penghapusan.

4. Mengurangi Jumlah Link Rusak dalam Website

Cara meningkatkan kecepatan web selanjutnya yang mudah dan praktis dilakukan yaitu mengurangi link rusak dalam website. Sebenarnya tidak menguranginya saja, tetapi harus pula menghapusnya secara permanen.

Namun, untuk melakukan penghapusan tersebut rasanya mustahil karena nantinya file masih bisa kembali lagi untuk menyerang website Anda. Maka dari itu, menguranginya dirasa lebih baik daripada hanya membiarkan link sampah menumpuk setiap hari.

Adapun, kategori dari link-link rusak yang harus dilakukan pengurangan dalam website sebagai berikut:

  • Link yang tautannya sudah tidak bisa diklik lagi.
  • Link yang mengindikasikan Javascript.
  • Link kadaluarsa.
  • Link spam.
  • Link 404 not found.

5. Mengurangi Redirect Link

Perlu Anda ketahui bahwasannya redirect link merupakan sebuah hal yang digunakan dalam rangka menunjukkan posisi URL. Atau menghubungkan bagian-bagian berbeda dari sebuah website, misalnya saja dari bentuk mobile ke desktop atau pun sebaliknya.

Penggunaan direct link yang terlalu banyak di dalam website akan menimbulkan bertambahnya permintaan http. Hal ini menjadi salah satu penyebab utama akan berkurangnya kecepatan web saat diakses.

Nah jika kecepatan website ingin dinormalakan kembali, maka segeralah mengurangi redirect link di dalamnya dengan bantuan beberapa aplikasi atau platform. Lakukanlah aktivitas ini secara rutin dan sering-seringlah mengeceknya setiap saat.

6. Menggunakan Hosting yang Tepat

Hosting merupakan salah satu penentu apakah jaringan sebuah website akan kuat atau tidak. Hal tersebut pada akhirnya juga berimbas kepada kecepatan loadingnya ketika sedang sedang digunakan oleh jutaan pengguna.

Oleh sebab itu, memilih hosting yang cepat dan tepat merupakan sebuah solusi terbaik agar kecepatan website dapat selalu diandalkan.

Cek secara rutin hosting Anda, apakah terdapat problem atau tidak? Jika memang ada masalah dalam hal tersebut, maka segeralah berpindah hosting baru dengan kuota lebih banyak dan kecepatan ekstra. Namun biasanya harganya lebih tinggi.

7. Mengoptimalkan Database Website dengan WP Optimize

Salah satu jalan yang telah terbukti ampuh dalam meningkatkan kecepatan website yakni melakukan pengoptimalan terhadap database di dalamnya. Cara ini sangat sulit jika dilakukan secara manual karena harus merubah susunan coding.

Jangan khawatir, karena kini telah ada WP Optimize yang sangat berperan dengan baik dalam melakukan pengoptimalan database. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan hanya dengan sekali klik saja.

Di samping mengoptimalkan database web Anda, WP Optimize juga mempunyai fitur-fitur lain seperti halnya compress gambar, translate, draft post, revisi dan lain-lain sebagainya.

8. Menghilangkan File CSS dan Javascript

File CSS dan Javascript merupakan salah satu penyebab lambatnya loading di website Anda. Hal itu terjadi karena ukurannya sangat besar sehingga membuat sistem menjadi penuh. Oleh karenanya, maka mengurangi atau menghilangkannya sangat diperlukan.

Pembersihan file CSS dan Javascript ini tidak semua, tetapi hanya sebagian saja yang struktur kodenya dan sudah tak berguna lagi. Jika dibiarkan terus-menerus menumpuk, maka jumlahnya semakin melonjak dan dapat menjadi sampah.

Dengan menghilangkan CSS dan Javascript itu, maka file di dalam folder kode menjadi lebih sedikit sehingga kinerja web akan lebih ringan dan kecepatannya pun meningkat. Lakukanlah hal ini secara rutin paling tidak selama 2 pekan sekali.

9. Menggunakan Plugin Caching

Cara terakhir untuk membuat website Anda menjadi lebih cepat yakni dengan menggunakan plugin caching. Hal tersebut merupakan sebuah proses penyimpanan data sementara dari suatu web agar loadingnya normal dan tidak lemot lagi.

Setelah menggunakan caching ini, pada saat akses pertama Anda jangan kaget karena loading website masih lama. Nah, baru di penggunaan kedua kecepatannya menjadi lebih baik dikarenakan semua data cache telah tersimpan.

Adapun, plugin caching yang sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan dalam meningkatkan kecepatan website di antaranya yakni, WP Super Cache, W3 Total Cache, WP Rocket, Hyper Cache dan juga WP Fastest Cache.

Itulah pembahasan gamblang tentang cara meningkatkan kecepatan web yang Anda dapat lakukan sendiri dengan mudah. Namun semua langkah di atas sekiranya dilakukan dengan baik dan benar, agar terjadi perubahan.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.