Coba Simak! Berjualan Online Via Website Vs Marketplace: Pilihan Atau Sinergi?

Coba Simak! Berjualan Online Via Website Vs Marketplace: Pilihan Atau Sinergi?

Hubungan antara Website Vs Marketplace: Pilihan atau sinergi? Keduanya memang cukup efektif dalam pemasaran produk dan peningkatan nilai penjualan. Terlebih lagi teknologi digital semakin berkembang pesat, jadi seluruh kegiatan transaksi dapat dilakukan melalui internet.

Perkembangan Era Digital

Berkembangnya teknologi digital mengakibatkan terjadinya perubahan pada pola cara penjualan. Hal inilah yang memacu para pelaku bisnis untuk belajar memahami seluruh teknik pemasaran menggunakan media online.

Perkembangan teknologi digital juga berpengaruh menggeser pola kebiasaan konsumen yang tadinya mencari kebutuhan hidupnya langsung ke toko, saat ini lebih mengandalkan mesin pencari Google atau memasuki marketplace.

Seluruh toko offline berusaha membuka online shop melalui website atau marketplace, guna memasarkan produknya. Dengan adanya sistem ini sebenarnya mampu memperluas pasar yang tadinya hanya berkisar di daerah sekitar saja.

Perbedaan Website Dan Marketplace

Pada dasarnya website dan marketplace memiliki tujuan yang sama yaitu memasarkan produk untuk meningkatkan keuntungan. Keduanya juga sama-sama berjalan via online sehingga perluasan pasar tidak terbatas. Berikut perbedaannya:

1. Biaya dan Teknis


Untuk memaksimalkan keuntungan, pembuatan website harus dipikirkan secara matang. Karena perlu suatu tampilan yang menarik untuk memikat audiens untuk berkunjung. Jadi Anda harus menyewa seorang tenaga ahli untuk merancang web yang bagus.

Selain itu juga perlu dibantu oleh jasa SEO untuk membuat web terletak di halaman pertama mesin pencari. Namun untuk marketplace, hanya harus mengupload foto produk saja yang disertai deskripsi produk.

2. Peningkatan Branding


Upaya mengangkat brand produk hanya dapat dilakukan melalui website. Karena pada marketplace hanya fokus pada penjualan tidak perduli dengan merk. Jadi di dalamnya cuma ada susunan peringkat barang yang paling laris bukan berdasarkan nama dagangnya.

Namun hal ini dapat diatasi dengan mengupgrade marketplace menjadi penjual premium yang berbayar sehingga brand dapat lebih dikenal. Kemudian juga toko akan dimunculkan terus di halaman depan agar dapat terlihat oleh pelanggan.

3. Peningkatan Konversi


Untuk tujuan meningkatkan nilai penjualan, website lebih efektif dalam hal ini. Karena dapat dijadikan media informasi yang dapat diakses oleh pelanggan dari seluruh dunia. Berbeda dengan marketplace, hanya dapat menjangkau tingkat nasional.

Website ini terus bekerja secara dinamis sehingga seluruh audiens dimanapun berada dapat membaca promosi yang dibuat. Jadi apabila tujuan Anda ingin fokus untuk mengangkat nilai konversi lebih baik gunakan saja web sebagai toko online.

4. Jangkauan Pasar


Dapat dilihat dari pembahasan di atas bahwa website mampu mencakup pasar lebih luas dibanding marketplace. Seluruh konsumen dimanapun berada yang terkoneksi internet pasti dapat menjangkau semua informasi di web.

Namun berbeda dengan marketplace, sistem penjualannya masih nasional sehingga belum mampu merambah ke seluruh dunia. Jadi konsumen dalam negeri saja yang bisa menjangkau produk-produknya.

5. Proses Jual Beli


Proses transaksi jual beli melalui website terbilang sangat cepat. Pada saat pembeli merasa sudah cocok dengan produk tersebut dapat langsung melakukan pembayaran. Pemackingan dan pengiriman barang dapat dilakukan setelah bukti transfer diterima.

Berbeda dengan website, proses jual beli melalui marketplace lebih lama karena uang dapat diterima oleh penjual apabila telah disetujui oleh pembeli. Namun kebanyakan konsumen membiarkan begitu saja tanpa konfirmasi padahal barang telah sampai.

Jadi Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Setelah penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa kedua platform ini dapat saling melengkapi jika dijalankan bersama-sama. Karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Jadi Anda tak perlu bingung memilih website vs marketplace: pilihan atau sinergi?

Website dan marketplace memiliki sisi baik dan buruk, apabila seorang pelaku bisnis ingin memaksimalkan usahanya maka jangan tanggung-tanggung. Sinergikan kedua hal ini secara perlahan tapi pasti, maka pasar nasional dan internasional akan berada dalam genggaman Anda.

Setelah menggabungkan teknik pemasaran menggunakan website dan marketplace, maka usaha Anda akan lebih berkembang dengan meningkatnya keuntungan dari hasil penjualan dan juga mengangkat brand produk yang Anda jual.

Langkah-Langkah Mensinergiskan Kekuatan Website dan Marketplace

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus pandai melihat peluang yang berkaitan dengan minat pelanggan, teknik pemasaran produk hingga persaingan kompetitor. Maka dalam menjalankan suatu usaha dibutuhkan keteguhan diri untuk mempertahankan perusahaan. Berikut langkahnya:

1. Buat Akun Marketplace

Untuk memaksimalkan promosi dan penjualan, alangkah baiknya membuat akun pada seluruh marketplace yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan karena marketplace memiliki audiens berbeda-beda sehingga peluang terjadinya transaksi pembelian lebih besar.

Semakin banyak akun yang Anda buat berarti akan bertambah luas pencakupan konsumennya. Terlebih lagi marketplace ini didatangi oleh jutaan pembeli setiap harinya. Jadi cukup mendaftar saja kemudian tinggal menunggu respon pembeli.

2. Posting Produk

Apabila sudah membuat akun, maka Anda dapat langsung mengupload video atau foto kemudian tulis keterangan secara baik dan lengkap. Setelah itu posting produk dan mulailah aktif berjualan dengan memberi respon secara cepat atas setiap pertanyaan pelanggan.

Anda juga harus secara teliti melihat stok setiap produk agar pembeli tidak kecewa. Updating keberadaan barang dengan rutin dan teratur dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Karena kepuasan konsumen merupakan tolak ukur kesuksesan bagi suatu usaha.

3. Buat Website

Setelah membuat akun di marketplace, inilah saatnya Anda merancang website. Buatlah tampilan yang menarik dan memikat para konsumen sehingga lebih nyaman berkunjung dan berbelanja di sana. Maka butuh tenaga ahli untuk membuatnya semakin disukai dan dikunjungi oleh pelanggan.

Selain itu, dalam pembuatannya juga dibutuhkan domain dan hosting, jadi pilihlah yang berkualitas, seperti Rumah Web contohnya yang menyediakan layanan Hosting Unlimited cocok untuk pembuatan website Anda. Jangkauan marketplace hanya dapat mencakup seluruh Indonesia, maka pembuatan website ini sangat membantu Anda dalam perluasan pasar hingga ke mancanegara.

4. Memikat Audiens

Untuk memikat audience agar mau berkunjung ke dalam website Anda, maka harus dibuat sedemikian rupa hingga tampilan lebih enak dilihat. Kemudian harus juga rutin dan rajin memposting produk-produk yang dijual.

Kemudian lakukan optimasi web dengan sistem search engine optimization agar website dapat berada di posisi teratas di mesin pencari. Kemudian lakukan perawatan secara rutin agar tidak mengalami penurunan. Hal ini bisa dibantu oleh jasa SEO.

5. Membuat Ulasan Produk Secara Lengkap

Untuk memperjelas produk yang dijual, ada baiknya apabila Anda coba menulis ulasan secara lengkap apa saja kelebihan-kelebihannya sehingga konsumen akan mengetahuinya dengan baik. Gunakan kata-kata sopan dan bersifat meyakinkan agar pelanggan lebih percaya.

Untuk membuat website selalu pada posisi teratas di mesin pencari, ternyata penulisan ulasan ini juga dapat berpengaruh terhadap traffic web dan berkaitan juga dengan SEO. Jadi penjelasan mengenai produk memang sangat diperlukan dalam menarik pelanggan.

6. Menggunakan Sosial Media Sebagai Alat Pengenalan Produk

Inilah langkah terakhir apabila semua upaya dijalankan, waktunya melakukan promosi dan pengenalan melalui sosial media. Dengan menyertakan gambar dan penjelasan singkat di bawahnya juga dilengkapi link website, informasi perusahaan lalu nomor kontak.

Jadi apabila ada konsumen ingin mengetahui informasi produk secara detail dapat langsung mengunjungi website atau masuk ke marketplace. Kemudian dapat juga langsung menghubungi nomor kontak yang tertera untuk bertanya-tanya.

Kesimpulan

Penjelasan di atas mengenai website vs marketplace: pilihan atau sinergi? Dapat ditarik kesimpulan bahwa, kedua platform ini memang dapat saling melengkapi dan berhubungan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.