Inilah 10 Tool Kecepatan Web yang bisa Anda Coba

Inilah 10 Tool Kecepatan Web yang bisa Anda Coba

Jika sering kali terjadi masalah loading lama pada website Anda, maka jangan khawatir karena sekarang ini banyak terdapat tool tes kecepatan web. Platform tersebut dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana performa dan kinerja situs-situs di dalamnya.

Macam-macam Tool Kecepatan Web

Dengan semakin berkembangnya zaman, maka ketersediaan tool yang digunakan untuk memantau kecepatan website pun juga makin beragam. Jenisnya sangat banyak dan bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keberadaan fitur serta kebutuhan. Berikut di antaranya:

1. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah tool test kecepatan website pertama yang direkomendasikan untuk Anda. Cara kerjanya dengan memunculkan hasil analisis pada tingkatan koneksi berbeda-beda sehingga hasilnya lebih terperinci.

Baca Lainnya :

Penilaian yang dilakukan oleh Web Page Analyzer ini tidak main-main karena didasarkan pada 11 indikator penentu kecepatan website. Platform ini sangat cepat dan juga akan memberikan saran tertentu kepada penggunanya untuk menerapkan suatu hal yang bisa menaikkan kecepatan web.

2. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan tool pengukur kecepatan web yang cukup terkenal karena mudah digunakan dan tampilan visualnya pun menarik. Keakuratannya saat melakukan analisa pun juga sudah teruji dengan baik.

Cara melakukan test kecepatan website dengan menggunakan Chrome DevTools ini sangat mudah, yakni hanya dengan menekan tombol Command+Option+! Saja untuk sistem operasi Mac. Jika menggunakan Windows, maka tekanlah Ctrl+Shift+I secara bersamaan.

Selain melakukan test kecepatan website, tool ini juga menyediakan fitur pemblokiran requets yang akan sangat berguna untuk membatasi overhead dari pihak ketiga.

3. Load Impact

Jika Anda ingin menggunakan tool test kecepatan website yang premium, maka pilihlah Load Impact. Platform ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Untuk menggunakan versi gratisnya, maka Anda perlu untuk melakukan sign up terlebih dahulu agar mendapat kuota gratis cek kecepatan selama satu bulan sebanyak 5 kali. Setelah jatah tersebut habis, maka layanan pun sudah tidak bisa digunakan lagi.

Berbeda dengan hal di atas, jika memilih versi berbayar maka Anda harus merogoh kocek sebesar 89 US Dollar setiap bulannya. Keunggulannya yakni fitur di dalamnya sangat lengkap dan analisa kecepatan website pun dilakukan secara cepat lengkap dengan sarannya.

4. Web Page Test

Aplikasi tool test kecepatan website yang satu ini dikembangkan oleh teknisi Google Chrome yakni Patrick Meenan. Platform ini bersifat open source sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan analisa dari beberapa web sekaligus.

Web Page Test dapat diakses secara gratis. Tidak hanya untuk test kecepatan web saja, namun juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan lainnya, seperti halnya kecepatan koneksi, capture video, pemblokiran konten dan lain-lain sebagainya.

Tool yang satu ini juga mempunyai kelebihan tersendiri, yakni dapat mendukung HTTP sehingga akan mudah berhubungan dengan web hosting.

5. GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu tool yang terkenal dalam hal pengetesan kecepatan website. Ini sangat direkomendasikan bagai Anda karena memang dapat diakses secara gratis dan mempunyai analisa akurat serta fiturnya pun lengkap.

Tool yang satu ini akan menyediakan ringkasan analisa kecepatan website pada halaman bagian atasnya sehingga pengguna lebih mudah untuk melihatnya. Ukurannya pun cukup besar dan tidak membuat sakit mata.

Ringkasan kecepatan website yang ditampilkan oleh GTMetrix meliputi total waktu loading, jumlah request serta page size. Selain itu, juga akan memberikan analisa juga terhadap masalah utama mengapa web bisa bermasalah.

6. Geek Flare

Geek Flare merupakan sebuah software yang akan membantu Anda untuk mengetahui tingkat kecepatan website secara cepat dan juga gratis. Ini dapat digunakan baik dalam perangkat mobile maupun dekstop di PC atau laptop.

Cara kerja dari Geek Flare ini sangat cepat. Kelebihannya yakni, bisa menampilkan informasi tentang seberapa kecepatan website Anda hanya di detik awal konten-konten di dalam web mulai untuk dilakukan analisa berurutan.

Sayangnya, software yang satu ini tidak memberikan saran-saran khusus kepada para penggunanya tentang bagaimana cara meingkatkan kecepatan web.

7. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Tool tes kecepatan web yang direkomendasikan untuk Anda selanjutnya yakni Google Mobile Speed Testing Tool. Hal ini hanya bisa difungsikan khusus pada website dengan basic layanan perangkat mobile saja.

Sebenarnya, ini juga didukung oleh Google Page Speed Insight. Akan tetapi firtur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini lebih terbatas dan hanya cocok jika digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap website mobile saja.

Dalam mengukur kecepatan, skala yang digunakan yakni antara nilai 0-100 tanpa memberikan presentase. Di samping itu, Anda juga akan diberikan saran-saran pembangun agar menerapkan hal-hal untuk meningkatkan performa web.

8. KeyCDN Website Speed Test

Jika Anda menginginkan tool untuk mengecek kecepatan website yang mudah dan simpel, maka gunakan saja KeyCDN Website Speed Test. Ini sangat efektif dipakai dan akan menghasilkan analisa secara cepat.

Tool yang satu ini juga akan menampilkan analisa website lengkap beserta preview halaman yang telah diperiksa. Test kecepatan pun bisa dilakukan baik secara private atau umum sehingga bisa dibagikan melalui bookmark.

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwasannya hasil analisa website yang diberikan oleh KeyCDN merupakan request dari hal-hal berikut ini:

  • Tipe file.
  • Ukuran konten.
  • Status kode HTTP.
  • Waktu tunggu atau terima website terhadap suatu perintah.
  • Total waktu download.

9. Google Page Speed Insight

Google Speed Insight telah dirintis oleh perusahaan Google sejak tahun 2010, dengan tujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan pengetesan kecepatan website mereka. Ini dapat digunakan dalam perangkat dekstop maupun mobile.

Skala yang digunakan oleh tool satu ini dalam menilai kecepatan website yakni rentang antara 0 hingga 100 persen. Adapun rincian interpretasi dari setiap rentangan nilainya yakni:

  • Nilai 0-49 persen menunjukkan bahwa kecepatan website lemah.
  • Nilai 50-89 persen mengindikasikan bahwa web memiliki kecepatan rata-rata.
  • Nilai 90-100 persen menunjukkan jika kualitas kecepatan website sangat baik.

Di luar memberikan analisis persenan kecepatan website Anda, Google Page Speed Insight ini juga akan mengeluarkan berbagai macam saran terkait hal-hal yang harus dilakukan agar web memilki daya cepat tinggi.

10. Pingdom

Pingdom merupakan salah satu tool yang sangat bermanfaat untuk melakukan monitoring website secara berkala. Platform tersebut sudah terkenal di kalangan para web developer terkenal seperti halnya perusahaan Facebook, Twitter dan juga Pinterest.

Cara penilain kecepatan web di Pingdom ini berdasarkan skala 0 sampai dengan 100. Jika nilai yang didapatkan pada saat analisis tersebut semakin tinggi, maka hal itu berarti bahwa kecepatan website milik Anda pun baik pula.

Selain akan menampilkan nilai dari kecepatan website dengan akurat, Pingdom juga memberikan saran-saran tertentu kepada para kliennya. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat menerapkannya sehingga web mempunyai kinerja lebih baik.

Demikianlah pembahasan tentang tool tes kecepatan web yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.