Cara Memasang Iklan Google AdSense di Website Kita

Cara Memasang Iklan Google AdSense di Website Kita

Setelah di postingan sebelumnya membahas tentang pengalaman saya mendaftar Google AdSense, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memasang iklan Google AdSense di Website ataupun Blog kita.

Google AdSense menyediakan beberapa pilihan penempatan iklan dan model iklan yang bisa kita pilih sesuai dengan dengan kebutuhan dari website kita.

Cara Penempatan Iklan

1. Penempatan Iklan Menurut Situs

Penempatan iklan jenis ini sering disebut penempatan iklan otomatis, dengan jenis penempatan iklan otmatis kita tidak perlu repot-repot copypaste banyak kode iklan, cukup satu kali copypaste kode iklan diantar tag head html website kita.

Baca Lainnya :

Biasanya setelah penempatan kode AdSense butuh waktu satu jam untuk melihat iklan sudah tayang, sistem akan secara otomatis memilih tempat yang tepat untuk ditampilkan iklan.

Kekurangan dari cara ini adalah iklan ditempatkan secara random ditempat manapun yang dinilai sistem cocok untuk penempatan iklan sehingga terkadang mengganggu tampilan estetika dari sebuah website. Untuk langkah-langkahnya seperti gambar di bawah ini.


Klilk Menurut situs dan klik Dapatkan Kode, kemudian Anda akan dibawa ke tampilan popup seperti gambar dibawah ini.


Copy semua kode yang ada di box kuning lalu paste ke file html Anda diantara tag head, untuk website based cms wordpress dan blogger biasanya terletak di file header.

2. Penempatan Iklan Menurut Unit Iklan

Penempatan iklan jenis ini bisa dikatakan manual karena kita diminta untuk membuat unit iklan terlebih dahulu sesuai kebutuhan dan setelah terbuat barulah kita meng-copypastekan kode iklan tersebut ditempat-tempat yang kita inginkan satu-satu secara manual.

Cara inilah yang umum digunakan oleh publisher karena kita bisa mengatur sendiri tempat iklan yang ingin ditampilkan sehingga bisa mengoptimalkan letak mana yang paling optimal untuk meraup klik dan mendapatkan pundi-pundi dollar. Untuk langkah-langkahnya seperti gambar dibawah ini.


Klik Menurut unit Iklan, ada tiga pilihan model iklan dan penjelasannya, disini yang saya ambil sebagai contoh adalah iklan display, klik Iklan Display lalu Anda akan diarahkan ditampilan seperti gambar di bawah ini.


Ikuti langkah-langkahnya seperit urutan di box kuning.

  1. Buat nama unit iklan, disini saya buat dengan nama AdsBaitcodePersegi.
  2. Pilih model tampilan iklan, sesuai dengan namanya pilih yang model persegi.
  3. Atur ukuran iklan, pilih saja yang responsive karena bisa menyesuaikan tampilan dimanapun website kita diakses dari device desktop maupun mobile.
  4. Yang terakhir klik simpan.

Unit iklan sudah dibuat sekarang copypaste kode iklan ke website Anda dengan cara seperti gambar di bawah ini.


Dapatkan kode iklan dengan cara klik lambang  yang ditandai biru di dalam box kuning seperti gambar diatas, Anda akan diarahkan ke halaman Pembuat Kode seperti gambar berikut.


Copypaste kode iklan tersebut ditempat yang anda inginkan dalam website atau blog Anda, misalkan ingin menerapkan kode iklan tersebut di sidebar untuk pengguna wordpress tinggal menambahkan widget sidebar dan pilih html script lalu copypaste kode tersebut dan simpan, sidebar Anda akan tampil iklan sesuai dengan yang Anda buat tadi.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Memasang Iklan Google AdSense di Website Kita yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.