Pengalaman Daftar Google AdSense

Pengalaman Daftar Google AdSense

Siapa yang tak tahu tentang Google AdSense, sebuah perusahaan jasa periklanan terbesar saat ini yang banyak dipakai publisher blogger untuk mendapatkan pundi-pundi dollar dari blognya. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang proses pendaftaran di Google AdSense hingga disetujui sampai iklan siap tayang di blog/website kita.

Awal pembuatan blog ini pada bulan maret dengan isi 10 artikel original yang saya ketik sendiri. Memasuki bulan mei saya coba untuk mendaftarkan blog saya ke Google AdSense dengan asumsi penilaian dilihat dari originalitas tulisan dan saya fikir tulisan saya memenuhi syarat originalitas.


Baca Lainnya :

Dari gambar diatas bisa dilihat riwayat email balasan pengajuan pendaftaran Google AdSense sebanyak 3 kali, balasan untuk pedaftaran pertama pada tanggal 10 mei ditolak, isi email balasan tidak begitu mendetail tentang apa yang menjadi alasan kenapa ajuan saya masih belum disetujui, asumsi saya pada waktu itu mungkin usia blog saya masih baru seiktar 2 bulan sehingga masih belum memenuhi syarat untuk pengajuan Google AdSense.


Jeda seminggu saya masih penasaran saya coba untuk melakukan ajuan ulang, selang seminggu hasilnya pun tetap sama ajuan saya ditolak karena belum memenuhi syarat kebijakan AdSense.


Akhirnya saya coba untuk membaca lebih detail tentang Kebijakan Program dari Google AdSense. Setelah saya baca dan lakukan riset saya mendapat beberapa hal yang mendasar harus dipenuhi sebuah blog/website agar bisa diterima di program AdSense diantaranya :

  • Sebuah website/blog harus mempunyai navigasi yang mudah digunakan/user friendly sehingga memberi pengalaman yang nyaman bagi pembaca/pengguna.
  • Membuat konten yang original dan menarik tanpa copas dari artikel lain.
  • Mempunyai minimal 10-15 artikel aktif.
  • Pastikan ada pengunjung minimal 100 pengunjung setiap hari, sehingga dari pihak AdSense menilai bahwa website/blog kita layak untuk menjadi partner.

Dari keempat point di atas saya menyadari ada satu syarat yang belum terpenuhi dari blog saya yaitu traffic pengunjung. Karena blog saya terbilang baru dengan usia baru dua bulan sehingga dinilai masih belum bisa memenuhi program dari Google AdSense. 

Saya menunggu sekitar 2 bulan sembari melakukan share artikel di social media untuk menaikkan kunjungan dan memonitor traffic blog melalui Google Analytics, setelah saya rasa cukup saya coba kembali untuk melakukan ajuan yang ketiga tepatnya pada tanggal 20 Juli 2020 dan tidak menunggu lama sekitar dua hari saya mendapatkan balasan email, betapa senangnya saya akhirnya pada ajuan yang ketiga saya diterima, berikut penampakannya.


Demikianlah sharing pengalaman Pengalaman Daftar Google AdSense yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.