Tips Mengoptimalkan Performa WordPress dengan Checklist Status Kesehatan Situs (Site Health)

Tips Mengoptimalkan Performa WordPress dengan Checklist Status Kesehatan Situs (Site Health)

WordPress adalah salah satu CMS paling populer yang digunakan saat ini. Dikesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan performa WordPress dengan checklist status kesehatan situs (Site Health).

Apa itu Site Health?

Site Health merupakan fitur yang disediakan WordPress untuk menganalisis situs WordPress kita dengan memberikan rekomendasi apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat performa situs menjadi lebih optimal.

Kini kita bisa mengecek kualitas performa situs anda dengan cara klik Tools > Site Health.

Baca Lainnya :

Oke, di bawah ini adalah 9 tips untuk meningkatkan performa WordPress dengan checklist Site Health.

1. Install SSL

Ada baiknya gunakan protocol HTTPS agar lalu lalang data lebih aman, selain itu juga akan meningkatkan performa di google penelusuran.

2. Lakukan Update WordPress Secara Rutin

Gunakan versi WordPress terbaru dan lakukan update secara berkala. Dengan versi WordPress terbaru kita bisa menggunakan fitur-fitur terbaru dari WordPress yang bisa menunjang performa situs kita. Contohnya fitur Site Health baru muncul di WordPress versi 5.2.

3. Update Tema dan Plugin

Bukan hanya versi WordPress yang harus diupdate, tema dan plugin yang digunakan pun juga harus diudate guna menghindari bug dan error diversi sebelumnya.

4. Gunakan Database MySQL Terbaru

Agar database dan performa WordPress lebih aman, kita harus gunakan versi MySQL terbaru, ini untuk menghindari kegagalan penggunaan database dikarenakan kedepan akan selalu ada pembaharuan sistem wordpress yang harus diikuti dengan pembaharuan database MySQL.

5. Gunakan PHP Terbaru

Gunakan juga versi PHP terbaru, dikarenakan beberapa plugin WordPress terbaru memerlukan PHP versi terbaru agar bisa berjalan optimal.

6. Hapus Plugin dan Tema yang Tidak Digunakan

Plugin dan Tema yang tidak terpakai akan berpotensi sebagai sarang bersembunyinya malware, selain itu plugin dan tema yang tidak terpakai juga menghabiska ruang penyimpanan situs dan tentunya akan menurunkan performa situs kita.

7. Memastikan Modul PHP WordPress yang Digunakan Semuanya Aktif

Pastikan Modul PHP yang dibutuhkan semuanya sudah terinstall dan aktif untuk menambah performa situs kita.

8. Nonaktifkan Debug Mode

Debug mode sebaiknya tidak digunakan untuk orang yang masih awam coding. Secara default debug mode memiliki fungsi untuk melakukan record pesan eror dari plugin, tema dan kode tertentu.

9. Memastikan Cron Job Aktif

Cron Job diperlukan untuk melakukan task atau perintah yang sudah dijadwalkan seperti update otomatis.

Sekian tips untuk mengoptimalkan performa WordPress dengan Site Health Checklist, apabila ada yang ditanyakan ataupun ingin berbagi kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.


Anita Citria Freelancer dan Happy Blogger, juga seorang Ibu rumah tangga yang sibuk dengan Trial & Error-nya.